Sapta Timira


Sapta Timira berarti tujuh kegelapan, yang dimaksud tujuh kegelapan disini ialah tujuh hal yang menyebabkan pikiran orang menjadi gelap. Adapun ketujuh kegelapan tersebut meliputi :

  1. Surupa berarti kecantikan atau kebagusan wajah. Kecantikan atau ketampanan yang  disalahgunakan akan membuat orang itu sombong. Hal ini yang menyebabkan kehancuran.
  2. Dhana berarti kekayaan atau harta benda yang melimpah. Kekayaan yang digunakan dan didapat bukan melalui jalan dharma menyebabkan orang menjadi angkuh, sombong, menghina orang lain, dan sebagainya.
  3. Guna berarti kepintaran / kepandaian. Jika kepandaian ada pada orang yang bermoral tidak baik seperti teroris, koruptor, penipu, dan sebagainya maka akan menyebabkan kekacauan.
  4. Kulina berarti keturunan atau kebangsawanan. Orang yang berasal dari keturunan keluarga terhormat, seperti bangsawan, putra raja akan dihormati. Jika dengan keturunan ini seseorang menjadi sombong, menghina orang lain, hal ini yang menyebabkan kegelapan.
  5. Yohana berarti masa remaja / muda. Seseorang pada masa muda memiliki pendirian yang labil sehingga mudah terpengaruh ke hal – hal yang negative.
  6. Sura berarti minuman keras (yang memabukan). Minuman keras tentunya harus dihindari, karena minuman ini dapat menyebabkan mabuk. Banyak akibat buruk yang ditimbulkan karena mabuk seperti tindakan criminal, kecelakaan lalu lintas dan lain-lain.
  7. Kasuruan berarti keberanian. Keberanian yang tidak terkontrol akan memnyebabkan kehancuran, seperti setiap orang yang ditemui ditantang untuk bertarung.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s