BHAKTI = CINTA KASIH


1. Pengertian

Bhakti marga yoga merupakan salah satu bagian dari Catur Marga Yoga. Bhakti berasal dari kata bhaj (Bahasa Sansekerta) yang berarti terikat kepada Tuhan. Dari kata tersebut terbentuk kata bhakti yang berarti kasih sayang, cinta kasih, pelayanan, kesetiaan, cinta yang tulus dan luhur kepada Tuhan. Kata marga berarti jalan atau usaha dan kegiatan, sedangkan yoga berarti usaha untuk menghubungkan diri dengan Tuhan YME. Sehinggga dapat disimpulkan bahwa istilah Bhakti Marga Yoga dimaksudkan untuk menekankan bahwa bhakti adalah jalan dan sekaligus sarana untuk mempersatukan diri dengan Tuhan.

Didalam Catur Marga Yoga kedudukan bhakti sebenarnya merupakan bagian yang integral dengan karma dan jnana. Artinya seseorang melakukan karma tanpa dilandasi dengan bhakti akan kehilanganh kehalusan rasa, kehilangan etika, dan menjadi perbuatan yang kasar serta mungkin bisa melanggar tatakrama. Demikian pula jnana, jnana tanpa dilandasi dengan bhakti akan menjadi kering, tanpa rasa.

2. Fungsi Bhakti

Mengapa harus berbhakti kepada Tuhan? Ada banyak alas an yang cukup mendasar, antara lain sebagai berikut :

  1. Untuk mendekatkan diri kepada Tuhan YME
  2. Untuk mendapatkan kedamaian lahir dan batin
  3. Untuk mendapatkan kebahagiaan
  4. Untuk membayar utang budi (rna) kepada Tuhan atau Dewa
  5. Untuk menbuat kehidupan yang harmonis, seimbang dan selaras
  6. Untuk memohon perlindungan
  7. Untuk menyucikan diri

3. Manfaat Bhakti

Sebenarnya perbedaan antara fungsi dan manfaat tidak terlalu jelas. Secara teori fungsi adalah peranan yang dimainkan dalam aspek kehidupan, sedangkan manfaat adalah keuntungan yang diperoleh dari sesuatu hal. Manfaat bhakti dibagi menjadi 3 yaitu :

  1. Swartha adalah manfaat bhakti untuk kepentingan sendiri. Manfaat ini kalau dirinci berperan seperti yang telah disebutkan di dalam fungsi diatas.
  2. Parartha adalah manfaat bhakti untuk kepentingan orang lain. Bila diri sudah suci akan memberikan getaran / vibrasi kepada orang lain.
  3. Pramartha adalah manfaat bhakti untuk kepentingan diri sendiri dan juga orang lain. Dalam pengertian kepentingan diri sendiri dan orang lain melebur menjadi satu menjadi kepentingan bersama.

4. Bentuk Bhakti

Beberapa jenis bentuk bhakti :

  1. Santabhawa yaitu sikap bhakti seperti sikap bhakti atau hormat seorang anak kepada orang tuanya.
  2. Sakhyabhawa yaitu bentuk bhakti yang meyakini Hyang Widi, istadevata / avatarasebagai sahabat yang sangat akrab dan selalu member perlindungan dan pertolongan pada saat yang diperlukan.
  3. Dasyabhava yaitu bhakti atau pelayanan kepada Tuhan seperti sikap seorang hamba kepada majikannya.
  4. Vatsalyabhava yaitu seorang penyembah atau bhakta memandang Tuhan seperti anaknya sendiri. Contoh ; cinta kasih dewi Kausalya kepada Rama.
  5. Kantabhava yaitu seorang penyembah atau bhakta seperti sikap seorang istri kepada suaminya.
  6. Madhuryabhava yaitu bentuk bhakti sebagai cinta yang amat mendalam dan tulus dari seorang bhakta kepada Tuhan YME.

5. Bhakti bila dikaitkan dengan Triguna

Seperti yang kita ketahui bahwa triguna terdiri dari satvam, rajas, dan tamas. Bila dikaitkan dengan ketiga guna ini bhakti dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Bhakti satvika yaitu bhakti yang didasari rasa tulus ikhlas, penyerahan sepenuhnya kepada Tuhan. Kita tahu bawasannya Tuhan maha segalanya, maha pengasih, maha adil, maha bijaksana, maha pemurah, sehingga Tuhan akan memberikan apa yang kita butuhkan walaupun kita tidak memintanya.
  2. Bhakti rajasika yaitu bhakti yang memohon dan menuntut kesehatan, kesejahteraan, jabatan atau kedudukan, kemenangan, kekayaan dan lain-lain.
  3. Bhakti tamasika yaitu bhakti yang memohon orang lain mendapat kecelakaan, malapetaka, dan sebagainya. Bhakti yang tamasika ini tidak menuruti aturan pustaka suci weda.

Referensi :

  •  Jendra, Wayan.1998.Cara mencapai moksa di jaman kali.Yayasan Dharma Naradha.Denpasar
  • Tim Penyusun.1997.Buku pendidikan agama HIndu untuk PT.Hanuman Sakti.Jakarta
  • Pudja, Gede.2003.Bhagawadgita.Paramita.Surabaya

One thought on “BHAKTI = CINTA KASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s